Studi Kasus (1/9): SMS/WhatsApp Blast untuk Instansi Pendidikan

Di era yang serba digital ini, pemberitahuan terkait informasi seputar instansi pendidikan sudah banyak disampaikan melalui berbagai media. Selain website dan mobile app, kini instansi pendidikan juga memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menyampaikan informasi-informasi penting. Namun, supaya pesan tersebut tersampaikan kepada orang-orang yang ditargetkan, instansi pendidikan dapat memanfaatkan WhatsApp blast untuk mengirimkan pesan tersebut. Sebagai contoh: informasi open house, ujian masuk, daftar ulang, dan informasi webinar.

Selain itu, SMS atau WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi yang bersifat personal.

1. Informasi Terkait Pembayaran UKT/SPP

Instansi pendidikan dapat mengirimkan pesan pengingat kepada peserta didik ataupun orang tua dari peserta didik terkait jumlah, cara membayar, serta tenggat waktu pembayaran.

2. Pemberitahuan Mengenai Nilai Rapor/IPK

Bangun hubungan baik dengan orang tua dari peserta didik dengan mengirimkan nilai rapor, ulangan harian, ataupun IPK secara berkala.
 
Pengiriman nilai dalam bentuk surat tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan SMS/WhatsApp, orang tua peserta didik akan mendapatkan informasi tersebut dengan cepat.