Studi Kasus (9/9): SMS/WhatsApp Blast untuk E-Commerce

Dengan strategi yang tepat, para penjual dapat memanfaatkan SMS/WhatsApp Marketing untuk mengakuisisi pelanggan baru, meningkatkan penjualan melalui program loyalty, dan juga menyampaikan informasi penting.

Mengapa harus menggunakan SMS/WhatsApp Marketing? Tidak dapat dipungkiri, deringan tanda pesan masuk selalu menarik perhatian kita. dengan mengirimkan pesan yang relevan, Anda dapat menjalin dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.

Contoh variasi pesan yang dapat dikirimkan adalah sambutan pelanggan baru, konfirmasi pemesanan, survey kepuasan pelanggan, informasi potongan harga, dan undangan pelatihan/seminar.

Apa saja benefit dari SMS/WhatsApp Marketing untuk E-Commerce?

1. Click To Action (CTA)

Kirimkan pesan yang singkat dan to the point, dan sisipkan link agar pelanggan Anda bisa langsung take action. Sebagai contoh: “Klik link berikut untuk mengklaim voucher Anda”. Selain membuka link yang Anda kirimkan, pelanggan Anda juga berpeluang untuk langsung membuka website/aplikasi Anda.

2. Bangun Hubungan yang Baik

Tidak jarang website atau aplikasi menyediakan pilihan untuk melakukan subscribe terhadap SMS atau WhatsApp. Pelanggan yang subscribe biasanya adalah pelanggan loyal yang tidak mau tertinggal dengan penawaran yang Anda berikan. Dengan mengirimkan pesan secara reguler namun tidak terkesan mengganggu, Anda dapat menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan Anda.